Bagaimana Menjaga Keberlangsungan Energi Terbarukan (Renewable Energy)

               Renewable energy, atau energy terbarukan adalah sumber daya energi yang diketahui sebagai jenis energi yang dapat terus diperbaharui keberadaan dan keberlangsungannya melalui proses alam. Sebagaimana dikemukakan oleh World Council of Renewable Energy (WCRE), sumber – sumber energi terbarukan adalah sinar dan panas matahari, air, angina, panas bumi, udara, dan sebaga jenis energi lainnya yang dapat terus diperbaharui dengan sendirinya melalui proses alam. Oleh karenanya, penerapan manajemen energi terbarukan telah mulai dikembangkan dan dilaksanakan di berbagai negara maju di seluruh dunia.

                Sebagai jenis sumber energi yang tidak akan habis, sumber daya energi terbarukan sangat berperan dalam memajukan dan meningkatkan kondisi perekonomian negara – negara maju dan berkembang. Namun, tanpa diimbangi dengan manajemen energi terbarukan yang baik, sumber daya alam yang diketahui tak bisa habis ini pun bisa menjadi langka. Di Indonesia sendiri mungkin belum merasakan kelangkaan sumber daya energi terbarukan, mengingat negara kita pun belum mengoptimalkan penggunaan sumber daya energy terbarukan.

                Namun, berkaca dari krisis kelangkaan air bersih di beberapa negara maju seperti Australia, sudah saatnya Indonesia tak hanya mulai mengoptimalkan penggunaan sumber daya energi terbarukan namun juga mulai memikirkan manajemen energi terbarukan yang efisien guna menghindari kelangkaan atas ketersediaannya di wilayah geografis Indonesia sendiri. 

Sebagaimana dijelaskan oleh Debaere, et al., (2014) dalam Jurnal berjudul Water markets as a response to scarcity, air sebagai salah satu sumber daya terbesar dari energi terbarukan, pada prinsipnya tidak akan habis keberadaannya karena tergolong sebagai energy yang dengan sendirinya diperbaharui oleh proses alam.

Namun, tanpa diimbangi dengan manajemen energi terbarukan yang baik, air bisa saja menjadi langka karena berbagai kegiatan manusia yang dapat membahayakan pencemaran sumber air bersih, pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, kondisi alam yang tak terduga, dan juga tidak seimbangnya antara penggunaan dan ketersediaan air itu sendiri.

 Oleh karenanya, sebelum kita mulai kehabisan sumber daya energi terbarukan, mari mulai mengoptimalkan penggunaannya dan memikirkan manajemen rencana yang baik untuk menjaga kelestariannya, untuk Indonesia yang lebih maju.

 

 

About Author: Irvan Hermala

irvanhermala@gmail.com

Renewable energi, Program Listrik masuk desa, Listrik Gratis, Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*