Siapa yang Berhak Mendapatkan Program Listrik Gratis ?

         Program listrik gratis telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. Terjadinya penyakit yang tengah melanda di seluruh negara hampir di dunia ini memaksa sejumlah pemimpin negara untuk memutar otak agar wabah ini tidak menyebar secara signifikan. Presiden saat ini telah memberlakukan dalam segala lini diusahakan dikerjakan di rumah saja. Efek ini tentunya di rasakan oleh masyarakat yang ekonomi kelas bawah.

           Ketika ini terus terjadi mereka akan kehilangan pekerjaan, tidak bisa makan, bayar kontrakan dan listrik. Salah satu program yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi adalah melakukan proram listrik gratis selama tiga bulan. Namun sesuai informasi tidak semua warga miskin mendapatakan listrik gratis ini. nyatanya ada syarat khusus bagi program ini.

       Kebijakan Presiden Jokowi ini menggratiskan listrik ternyata hanya berlaku bagi pelanggan yang berdaya listrik sebesar 450 VA.  Syarat listrik secara gratis ini tentunya telah diatur di dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang –Undang (Perppu) dengan nomor 1 tahun 2020. Saat ini telah tercatat bahwa jumlah pelanggan dengan daya listrik 450 VA sebanyak 24 juta pelanggan.

        Program listrik gratis bagi pelanggan dengan daya 450 VA dicanangkan selama 3 bulan yakni April, Mei, Juni. Daya ini nyatanya memiliki keterbatasan dalam konsumsi listrik, karena hanya bisa dipakai untuk keperluan penerangan saja serta tidak bisa menghabiskan banyak daya misalnya saja penanak nasi, kipas angin dll.

       Maka dari itu Presiden melakukan program gratis ini agar masyarakat golongan ke bawah tidak terbebani dalam melakukan pembayaran listrik akibat adanya pandemi ini. memang tidak bisa dipungkiri bahwa wabah ini telah mematikan seluruh sektor yang ada di Indonesia, tak terkecuali masyarakat golongan ke bawah yang sangat merasakan dampaknya.

        Pelanggan dengan daya 450 V ini diberlakukan pada bulan April dan nantinya berakhir pada bulan Juni. Tetapi apakah kebijakan ini akan diperluas ataukah sesuai dengan peraturan yang ada. Memang kalau dihitung biaya listrik dengan daya 450 V terhitung sangat murah sekali, maka dari itu Presiden lebih memilih untuk menggratiskan agar lebih mengurangi beban dampak pandemi ini.

                Itulah informasi mengenai siapa yang berhak untuk mendapatkan program listrik gratis. Semoga bermanfaat!.

 

About Author: Irvan Hermala

irvanhermala@gmail.com

Renewable energi, Program Listrik masuk desa, Listrik Gratis, Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*